PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN QAWĀ’ID BAHASA ARAB DI PESANTREN TRADISIONAL

  • M Iqbal Akbar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Habib Maulana Maslahul Adi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Romdlon Maslahul Adi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan proses, faktor pendukung dan penghambat, serta implikasi dari pengimplementasian pembelajaran interaktif pada mata pelajaran qawā’id bahasa Arab di Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dengan dua jenis data, yakni data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penafsiran, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Alasan dipraktikkanya pembelajaran interaktif pada mata pelajaran qawā’id adalah supaya santri terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, membiasakan santri untuk menerapkan kaidah bahasa Arab yang telah dipelajari, membiasakan santri untuk membaca literatur berbahasa Arab, santri dapat memperoleh penjelasan yang lebih mendalam; (2) pembelajaran interaktif mata pelajaran qawā’id melibatkan adanya kegiatan timbal balik, kesempatan berkontribusi, bervariasinya cara pemecaran masalah, sumber belajar bervariatif, perbedaan keterampilan, membaca dan menulis, serta adanya tantangan dalam pembelajaran; (3) faktor pendukungnya ialah sumber referensi memadai, adanya program sorogan, belajar kelompok, adanya tantangan, penilaian tidak hanya berdasar ujian tulis, program Munaqosyah, serta kompetensi pengajar. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kondisi fisik santri, terlalu larut malam, serta kurangnya rasa percaya diri; (4) implikasi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran qawā’id ialah meningkatnya gairah dan minat santri, mendidik untuk memperoleh pengetahuan melalui usaha sendiri, kemampuan bekerjasama, serta adanya kesempatan berkontribusi.

Published
Aug 6, 2022
How to Cite
AKBAR, M Iqbal; MASLAHUL ADI, Habib Maulana; MASLAHUL ADI, Nur Romdlon. PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN QAWĀ’ID BAHASA ARAB DI PESANTREN TRADISIONAL. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 204-211, aug. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1665>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1665.
Section
Artikel