PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU PEMILIH DALAM MEMPREDIKSI PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILU 2024 (Studi Di Kecamatan Mappedeceng Kab. Luwu Utara)

  • Irninta Islamiah Yusran Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Sapar Sapar Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Media Sosial sekarang ini telah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia Dampak negatif dan positif akan selalu menjadi perdebatan dalam melihat kaitan antara manusia dalam hubungan sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) media sosial berpengaruh signifikan terhadap partisipasi pemilih, (2) perilaku pemilih berpengaruh signifikan terhadap partisipasi pemilih,.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan instrumen yang digunakan adalah metode angket terhadap 391 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan pengukuran menggunakan skala likert dan Pengujian penelitian structural equation modeling (SEM) menggunakan aplikasi smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh terhadap partisipasi pemilih sebesar disimpulkan bahwa Media (1) media sosial berpengaruh terhadap partisipasi pemilih,(2) Perilaku pemilih berpengaruh terhadap partisipasi pemilih. Sehingga disarankan untuk meningkatkan partisipasi pemilih agar para kandidat mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dan pendidikan politik bagi seluruh lapisan masyarakat agar perilaku pemilih lebih baik.

Published
Aug 6, 2022
How to Cite
YUSRAN, Irninta Islamiah; SAPAR, Sapar. PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU PEMILIH DALAM MEMPREDIKSI PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILU 2024 (Studi Di Kecamatan Mappedeceng Kab. Luwu Utara). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 187-203, aug. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1664>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1664.
Section
Artikel