EFEKTIVITAS ALOKASI ANGGARAN DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK PELEBARAN JALAN NASIONAL LINGKAR PULAU SAMOSIR DI KABUPATEN SAMOSIR

  • Muara Parningotan Universitas Terbuka
  • Marlon Sihombing Universitas Terbuka
  • Darmanto Darmanto Universitas Terbuka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah pengadaan tanah di Kabupaten Samosir sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga anggaran yang digunakan dapat efisien dan efektif, serta dapat mengidentifikasi hambatan pengadaan tanah di Kabupaten Samosir. Memahami rancangan masalah dan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, data dapat dianalisis dengan observasi lapangan dan wawancara. Kemudian periksa keakuratan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tim penilai tidak berkinerja baik. Rencana perbaikan jalan sudah sesuai dengan undang-undang, dan keputusan presiden belum dilaksanakan. Hal ini terlihat dalam laporan wawancara langsung dengan sekretariat dan perwakilan kabupaten, serta rincian lainnya tentang rencana pembangunan jalan. Dana yang dialokasikan ke setiap kabupaten untuk land reform tidak efektif atau tidak digunakan Jauh dari kriteria efektif. Hal ini dikarenakan kecamatan tersebut tidak memiliki anggaran untuk periode 2017 hingga akhir 2018, sehingga P2T tidak dapat berjalan normal, mungkin karena luasnya yang kecil.1 Nilai tanah. Belum selesai. Tetapi pekerjaan sudah selesai.

Published
Apr 11, 2022
How to Cite
PARNINGOTAN, Muara; SIHOMBING, Marlon; DARMANTO, Darmanto. EFEKTIVITAS ALOKASI ANGGARAN DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK PELEBARAN JALAN NASIONAL LINGKAR PULAU SAMOSIR DI KABUPATEN SAMOSIR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 54–58, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1409>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1409.
Section
Artikel