PERAN INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA BUKIT INDAH SIMARJARUNJUNG KABUPATEN SIMALUNGUN (PASCA PANDEMI COVID-19)

  • Dameria Girsang Akademi Pariwisata Dan Perhotelan Darma Agung
  • Nova Lusnia Sipayung Akademi Pariwisata DanPerhotelan Darma Agung

Abstract

Bukit Indah Simarjarunjung kabupaten Simalungun merupakan salah satu objek wisata yang di minati banyak wisatawan khususnya oleh pengguna media sosial Instagram. Adapun rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana peran media sosial Instagram terhadap minat berkunjung wisatawan ke Bukit Indah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun pasca pandemi covid-19? 2) Apa hambatan atau kendala tentang peran media sosial Instagram terhadap minat berkunjung wisatawan ke Bukit Indah Simarjarunjung Kabupatem Simalungun pasca pandemi covid-19? 3) Bagaimana upaya menyelesaikan hambatan atau kendala tentang peran media sosial Instagram terhadap minat berkunjung wisatawan ke Bukit Indah Simarjarunjung Kabupatem Simalungun pasca pandemi covid-19?.


Adapun yang menjadi metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah studi lapangan (Field Reseach), Penelitian kepustakaan (Library Reseach), wawancara dan dokumentasi. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif analisis (Kualitatif).


Kesimpulan penelitian :1) Peran Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan. Memberikan informasi melalui story instagram, snepgram dan live instagram hanya terbatas untuk media masa saja. 2) Kendala dalam peran media sosial Instagram terhadap minat berkunjung Wisatawan  secara internal dan eksternal. Gangguan dalam menangkap sinyal internet tidak kuat di Instagram dan pada saat memberikan atau menginfomasikan up date status. 3) Upaya dalam menyelesaikan hambatan Tentang Peran Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan ke Bukit Indah Simarjarunjung . Inovatif dan kreatif dalam menggunakan media sosial instagram. Up date selalu di media sosial dan membuat berbagai jenis poto spot yang unik dan menarik agar cepat viral atau terkenal.


          Saran penelitian: 1) Dalam Pasca Pandemi Covid-19 peran Instagram  dapat memberikan informasi yang cepat dan jelas bukan informasi yang salah di share story media sosial serta dapat up to date. 2) Dapat menjaga akun instagram Bukit Indah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun dengan aman maka harus membuat jaminan pelindung dengan adanya hak merek dan informasi telekomunikasi. 3) Dapat meningkatkan kualitas objek wisata dengan mengikuti trend yang lagi viral seperti aplikasi akun tiktok dalam memperkenalkan Bukit Indah Simarjarunjung.

Published
Dec 16, 2021
How to Cite
GIRSANG, Dameria; SIPAYUNG, Nova Lusnia. PERAN INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA BUKIT INDAH SIMARJARUNJUNG KABUPATEN SIMALUNGUN (PASCA PANDEMI COVID-19). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 3, p. 416–428, dec. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1226>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i3.1226.
Section
Artikel