PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dibagi atas dua kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelas ini mendapat perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen diberikan Model pembelajaran Time Token dan kelas kontrol diberikan model pembelajaran langsung.Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 adalah78,83. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 adalah75,50. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT T.A 2020/2021 hal ini ditunjukkan dengan hasil uji statistic (uji t) > (1,89>1,67).
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).