PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Dewi Lestari Pardede

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dibagi atas dua kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelas ini mendapat perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen diberikan Model pembelajaran Time Token dan kelas kontrol diberikan model pembelajaran langsung.Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Time Token  pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT  T.A 2020/2021 adalah78,83. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT  T.A 2020/2021 adalah75,50. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia di kelas XI semester I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT  T.A 2020/2021 hal ini ditunjukkan dengan hasil uji statistic (uji t) > (1,89>1,67).

Published
Aug 16, 2021
How to Cite
PARDEDE, Lukman; PARDEDE, Dewi Lestari. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI SIPAHUTAR TAPUT TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 180–192, aug. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1059>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.1059.
Section
Artikel