KORELASI PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DENGAN PERKEMBANGAN KEROHANIAN SISWA KELAS XI SMA SWASTA KRISTEN IMMANUEL MEDAN TAHUN 2023

  • Eka Prasetia Zega Universitas Darma Agung
  • Esensial Weti Giawa Universitas Darma Agung
  • Marioga Pardede Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan Riset ini ialah untuk mengetahui korelasi antara penggunaan media internet dengan perkembangan kerohanian siswa kelas XI SMA Swasta Kristen Immanuel Tahun 2023. Riset ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Swasta Kristen Immanuel Medan.  Waktu Riset akan dilaksanakan pada bulan Juni – Juli 2023. Sampel dalam Riset ini ialah siswa kelas XI SMA Swasta Kristen Immanuel Medan yang berjumlah 30 orang.  Jumlah populasi yang sedikit membuat metode pengambilan sampel yang digunakan ialah metode sensus, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel Riset. Variabel bebas dalam Riset ini ialah penggunaan media internet, sedangkan variabel terikat ialah perkembangan kerohanian siswa.  Pengumpulan data dilakukan menggunakan kueionser.  Analisis data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman (rs). Hasil Riset menunjukkan bahwa penggunaan media internet dengan perkembangan kerohanian siswa ialah positif dan signifikan dengan nilai thitung 6,75 > t0.05 (2,045).  Hal ini berarti bahwa penggunaan media internet dapat meningatkan perkembangan kerohanian siswa yang semakin baik.

Published
Jan 16, 2024
How to Cite
ZEGA, Eka Prasetia; WETI GIAWA, Esensial; PARDEDE, Marioga. KORELASI PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DENGAN PERKEMBANGAN KEROHANIAN SISWA KELAS XI SMA SWASTA KRISTEN IMMANUEL MEDAN TAHUN 2023. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 45 - 55, jan. 2024. ISSN 2686-5459. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/4124>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalreligi.v6i1.4124.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>