HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS X SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Jesni Masni Rayati Laia Universitas Darma Agung, Medan
  • Diana Sihotang Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dengan Perubahan Tingkah Laku Siswa Kelas X SMA GKPI Padang Bulan Medan Tahun 2022.Jenis penelitian ini adalah diskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA GKPI Padang Bulan Medan, Tahun 2022 yang terdiri dari 2 kelas yaitu Kls X-1 dan X-2 yang beragama Kristen sejumlah 50 orang. Sampel penelitian adalah 50 siswa yang diambil secara keseluruhan atau total sampling.


 


Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berjumlah 50 butir soal, dimana 25 butir soal pembelajaran PAK dan 25 butir soal perubahan tingkah laku dengan empat pilihan a,b,c,d di uji coba ke kelas yang lebih tinggi yaitu kelas XI untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angketHasil uji persyaratan analisis diperoleh data berdistribusi normal X2hitung < X2tabel = (9,759 < 11,07) di data pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan berdistribusi normal Y2hitung < Y2tabel = (9,410 < 11,07) di data perubahan tingkah laku. Hasil Uji Linearitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen denagn perubahan tingkah laku siswa di SMA GKPI Padang Bulan Medan Tahun 2022 adalah linear dengan persamaan Y = 25,681 +0,61 dikonsultasikan dengan Fhitung 25,731 > Ftabel 4,01. Hasil Uji Kecenderungan diperoleh pembelajaran PAK kategori “sedang” (26%) dan perubahan tingkah laku siswa kategorikan “tinggi” (28%), Berdasarkan hasil uji korelasi dengan rhitung = 0,590 dengan mengkonsultasikan terhadap nilai rtabel = 0,297 karena rhitung > rtabel (0,590>0,297). Maka hal ini menunjukkan ada hubungan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan perubahan tingkah laku siswa Kls X SMA GKPI Padang Bulan Medan. Untuk menguji taraf signifikan korelasi pembelajaran PAK dengan perubahan tingkah laku siswa di laksanakan dengan uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 5,457 dan ttabel = 1,676 karena thitung> ttabel (5,457 > 1,676) maka hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan perubahan tingkah laku siswa di X SMA GKPI Padang Bulan Medan, Tahun 2022.

Published
Jan 10, 2023
How to Cite
LAIA, Jesni Masni Rayati; SIHOTANG, Diana. HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA KELAS X SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 72 - 81, jan. 2023. ISSN 2686-5459. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/2680>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles