HUBUNGAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN T.A 2020/2021

  • Pandi Daniel Saragi Universitas Darma Agung
  • Novita Romauli Saragih Universitas Darma Agung
  • Riahta Bangun Universitas Darma Agung

Abstract

Secara umum, hasil belajar siswa belum maksimal, pendidikan dalam keluarga belum optimal, minat belajar siswa masih kurang, motivasi belajar siswa rendah.  Penelitian ini  bertujuan ntuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dalam keluarga dengan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen siswa Kelas XI  SMA Negeri 1 Bandar  Kabupaten Simalungun T.A 20202021. Populasi  penelitian ini adalah keseluruhan subjek penelitian yaitu siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Simalungun   T.A 2020/2021 yang berjumlah 40 orang. Sampel adalah sebagian dari jumlah populasi yang dianggap representative, namun karena jumlah populasi sedikit yaitu 40 orang maka seluruh populasi menjadi sampel dengan teknik sampel total. Jenis penelitian ini adalah deskriptif  korelasional. Alat Pengumpulan data  penelitian  ini  menggunakan  angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari 20 pertanyaan serta telah  di uji Validitas Angket dan reliabilitas angket.  Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan   Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Simalungun   T.A 2020/2021 berdasarkan hasil uji statistic uji t diperoleh  t hitung ˃ t tabel (6,162 ˃ 1,684).

Published
Jul 30, 2022
How to Cite
SARAGI, Pandi Daniel; SARAGIH, Novita Romauli; BANGUN, Riahta. HUBUNGAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN T.A 2020/2021. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 106-116, july 2022. ISSN 2686-5459. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1696>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)