ANALISIS KORELASI PROFESIONALITAS, KEPRIBADIAN, DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU KELAS XII DI SMA METHODIST BERASTAGI TAHUN 2021

  • Heryanto Heryanto
  • Sanhendrin Ginting
  • Alimin Purba
  • Peringatan Zebua
  • Yasozatulo Larosa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara profesionalitas, kepribadian dan kepemimpinan terhadap kinerja guru kelas XII di SMA Methodist Berastagi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII tehnik kejuruan TKJ berjumlah 90 orang sedangkan sampel dalam penelitian berjumlah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah Simple random sampling. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 20 item dengan 5 option. Data diolah dengan SPSS dengan hasil. penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan guru memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja guru, profesionalitas memiliki hubungan yang positif dengan kepribadian, kepribadian memiliki hubungan yang positif dengan kepemimpinan dan Kepemimpinan memiliki hubungan yang paling besar dengan kinerja guru. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa hubungan X terhadap Y yang terbesar bagi peningkatan Kinerja guru adalah Kepemimpinan (0,450) dan terkecil adalah kepribadian (0,030)

Published
Feb 4, 2022
How to Cite
HERYANTO, Heryanto et al. ANALISIS KORELASI PROFESIONALITAS, KEPRIBADIAN, DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU KELAS XII DI SMA METHODIST BERASTAGI TAHUN 2021. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 15-28, feb. 2022. ISSN 2686-5459. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1304>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles