HUBUNGAN KETELADANAN GURU PAK DENGAN MORALITAS SISWA KELAS X SMA METHODIST BERASTAGI T.A 2019/2020
Jurnal Pendidikan Religius
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan keteladanan guru PAK dengan pembentukan moralitas siswa kelas X SMA Methodist BerastagiT.A 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Methodist Berastagi T.A 2019/2020 yang berjumlah 80 orang dan jumlah sampel adalah jumlah keseluruhan populasi atau yang disebut dengan jumlah sampel total. Instrumen penelitian dahulu di ujicobakan ke kelas yang berbeda untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Angket ini telah teruji validitas dan reliabilitasnya, artinya butir angket yang lolos dari hasil uji coba yang digunakan untuk menjaring data yang terdiri dari 20 butir untuk variabel X dan 20 butir untuk variabel Y dengan 4 Option (a,b,c,d,).Metode penelitian ini menggunakan cara SPSS 25 Hasil penelitian keteladanan guru PAK berdistribusian pada kategori (78,8%), sedangkan hasil penelitian moralitas siswa (72,5%). Variabel K(X) dan M(Y) dinyatakan valid dengan hasil Rhitung>Rtabel sebesar 0,2199.pengamatan berdasarkan Rtabel didapatkan nilai dari sampel (N)=80 sebesar 0,2199 sehingga merunjuk pada hasil dari uji validitas dari semua instrument. Variable X(K) dan variable Y(M) dinyatakan valid karena Rhitung>Rtabel. Dari uji realibitas semua nilai dari hasil variable X(K) dan variable Y(M) menghasilkan nilai cronbach’s nilainya >0,6. Dengan demikian,hasil ini menyimpulkan bahwa semua instrument dalam penelitian ini reliabel. Karena >=8.632>0,2199. Maka hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keteladanan guru PAK dengan moralitas siswa kelas X SMA Methodist Berastagi.