PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental dengan desain non equivalent group pretest-posttest. Dimana dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample yaitu Sampling Jenuh, dimana semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel sebanyak 60 murid . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SPF SDN Rappokalling 67/1, Kecamatan Tallo Kota Makassar dan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SPF SDN Rappokalling 67/1, Kecamatan Tallo Kota Makassar. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan angket. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada kelas V dari 33 siswa kelas eksperimen di UPT SPF SDN Rappokalling 67/1 hasil pretest - posttest terdapat 3 kategori yaitu 21 siswa (60%) mendapatkan nilai pada sangat baik, 8 siswa (30%) baik dan 4 siswa (10%) kategori cukup. Dan 27 siswa dari kelas kontrol 19 siswa (65%) mendapatkan nilai sangat baik, 6 siswa (26%) baik dan 2 siswa (9%) kategori cukup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.