PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 097805 RAMBUNG MERAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 097805 Rambung Merah. Metode penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang dirancang untuk mengetahui pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada subtema 2 Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri di SD Negeri 097805 Rambung Merah Jalan Rajamin Purba memperoleh nilai rata-rata postest 84,13. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh Model Picture And Picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada subtema 2 Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri di SD Negeri 097805 Rambung, sehingga Model Picture And Picture sangat cocok digunakan pada pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari uji hasil hipotesis yang telah dilakukan thitung>ttabel (15,319>2,079) sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima dan berhasil. Diketahui dari uji t paired sampel test, nilai thitung sebesar = 15,319 dengan tingkat signifikasi 0,001. Karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001 dan thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Picture And Picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada pembelajaran subtema 2 Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri V di SD Negeri 097805 Rambung Merah.