PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 134411 TANJUNGBALAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picturer IPAS siswa kelas IV SD Negeri 134411 Tanjungbalai. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa diantaranya 22 orang laki – laki dan 18 orang perempuan. Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar. Data yang diperoleh siswa yang melakukan pretest dan posttest sebanyak 40 orang siswa pada kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pretest sebesar 57.525 dan nilai rata-rata posttest sebesar 87.39. sedangkan nilai maksimun pretest 75 dan posttest 85,7, nilai minimum pretest 36 dan nilai minimum posttest sebanyak 74,2. Hasil pengujian hipotesis pada uji Ngain memperloh hasil N-Gain score sebesar 0,70 dengan kategori sedang atau cukup efektif. Berdasarkan perolehan data pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.