ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII

  • Cristina Sari Barasa Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Firman Pangaribuan Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Yoel Octobe Purba Pendidikan Matematika, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Analisis Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Sistem Persamaan  Linear Dua Variabel Di Kelas Viii Uptd Smp Negeri 1 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data desktiptif yang berupa kalimat tertulis Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah peneliti paparkan, maka dari itu peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Siswa dengan pemahaman tinggi dalam menyelesaikan soal sistem persaman linear dua variabel pada indikator menyatakan ulang konsep, Siswa pemahaman tinggi mampu menuliskan kembali apa itu sistem persamaan linear dua variabel. 2.Siswa dengan kemampuan pemahaman sedang dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada indikator menyatakan ulang konsep, Siswa pemahaman sedang mampu menjelaskan apa itu sistem persamaan linear dua variabel dan juga mampu membedakan mana contoh dan bukan cntoh dari sistem persamaan linear dua variabel.3. Siswa dengan kemampuan pemahaman rendah  dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada indikator menyatakan ulang konsep, Siswa pemahaman rendah mampu menjelaskan apa itu sistem persamaan linear dua variabel dan juga mampu membedakan mana contoh dan bukan cntoh dari sistem persamaan linear dua variabel, pada indikator menyampaikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel belum dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal dan belum dapat membuat model matematika pada soal, pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah.

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
BARASA, Cristina Sari; PANGARIBUAN, Firman; PURBA, Yoel Octobe. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5457>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5457.
Section
Articles