PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn 091257 Gunung Hataran. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 091257 Gunung Hataran dengan 25 siswa yang akan dijadikan peneliti sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 091257 Gunung Hataran tentang model Problem Based Learning dan hasil keterampilan intelektual siswa, maka dapat disimpulkan bahwa: Hasil penelitian di SD Negeri 091257 Gunung Hataran menunjukkan bahwa nilai Pretest siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dengan kategori lulus 4 siswa dan siswa yang memperoleh nilai > 70 dengan kategori tidak lulus sebanyak 21 siswa dengan nilai rata-rata 63,88. Pada hasil keterampilan intelektual siswa Posttest, peneliti menemukan adanya peningkatan terhadap hasil leterampilan intelektual siswa. Hal ini dapat diketahui melalui banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dengan kategori lulus yaitu 25 siswa dengan nilai rata-rata 83,32. Peroses pembelajaran pada pembelajaran subtema 2 persatuan dan kesatuan di SD Negeri 091257 Gunung Hataran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat menjadikan suasana pembelajaran lebih aktif dan kondusif karna siswa tidak lagi hanya mendengar dan menulis saja, tetapi siswa diarahkan untuk ikut serta dalam proses pembelajaran, guru hanya akan mengarahkan siswa untuk menemukan solusi dari permasalahan dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis uji t diperoleh 〖 t〗_hitung sebesar 13,59 dan 〖 t〗_tabel 1,71. Maka 〖 t〗_hitung > 〖 t〗_tabel atau 13,59 > 1,71, sehingga dapat disimpulkan H_a diterima dan H_o ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil keterampilan intelektual siswa kelas V pada pembelajaran subtema 2 persatuan dan kesatuan di SD Negeri 091257 Gunung Hataran.