PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V UPTD SD NEGERI 122365 PEMATANGSIANTAR

  • Vera Siska Novita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Sukardo Sitohang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Osco P Sijabat Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunkan peneliti adalah kuantitatif dengan menggunakan metode one-grup pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah 25 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari Pretest-Posttest. Pretest dilakukan sebelum diberi perlakuan atau treatment untuk mengetahui pemahaman materi siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament dan posttest diberi sesudah dilakukan perlakuan atau treatment untuk mengetahui pemahaman siswa sesudah menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament. Pretest dan posttest sebanyak 30 soal berbentuk pilihan berganda yang telah diuji karakteristiknya yaitu validitas dan reabilitas sampai daya pembeda. Jenis penelitian ini pre- eksperimen design menggunakan one group pretest and postest. Teknik analisis data menggunakan yakni uji normalitas dan, Uji hipotesis untuk menguji apakah model pembelaharan Team Games Tournament mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan data penelitian diperoleh thitung > ttabel (17,305 > 2,063) atau (sig.) < 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa Pada pelajaran IPA di kelas V UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Pengaruh model pembalajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa Pada pelajaran IPA di kelas V UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar pada pretest nilai rata-rata kelas yang didapatkan siswa sebesar 49,76 sedangkan pada posttest didapatkan bahwa nilai yang didapatkan terjadi peningkatan menjadi 86,24 Dari peningkatan tersebut sudah terlihat secara jelas bagaimana pengaruh Model pembelajaran Team games Tournament terhadap hasil belajar.

Published
Feb 1, 2025
How to Cite
NOVITA, Vera Siska; SITOHANG, Sukardo; SIJABAT, Osco P. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V UPTD SD NEGERI 122365 PEMATANGSIANTAR. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, feb. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5440>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5440.
Section
Articles