INTERPERSONAL COMMUNICATION SKILLS DALAM MENJEMBATANI GENERATION GAP ANTARA GURU DAN SISWA SDIT CAHAYA ILMU
Abstract
Perkembangan teknologi telah memperlebar kesenjangan antara generasi yang berdampak pada persepsi, perilaku, dan gaya komunikasi mereka. Pendidikan adalah salah satu sektor yang belakangan ini menjadi perbincangan nasional akibat beberapa kasus konflik antara guru dan siswa yang viral. Kesenjangan generasi telah menyebabkan fenomena ini di masyarakat yang perlu segera diselesaikan untuk meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia. Guru harus dapat mengikuti gaya komunikasi siswa generasi Alpha mereka untuk menjembatani kesenjangan generasi yang ada. SDIT Cahaya Ilmu adalah salah satu sekolah yang melatih keterampilan komunikasi interpersonal guru untuk meminimalkan kesenjangan generasi terhadap siswa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana keterampilan komunikasi interpersonal dapat menjembatani kesenjangan generasi antara guru dan siswa di SDIT Cahaya Ilmu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Situasi kesenjangan generasi antara guru dan siswa yang ada di SDIT Cahaya Ilmu, dan 2) bagaimana keterampilan komunikasi interpersonal dapat menjembatani kesenjangan generasi antara guru dan siswa di SDIT Cahaya Ilmu.