PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN 122345 PEMATANGSIANTAR

  • Theresia Monika Siahaan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Irma Tondy Sitorus Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jihan Nurhadillah Saragih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Debby Yolanda Sibagariang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Maria Sidabutar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Sadarwati Laia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 122345 Pematangsiantar Pada Muatan Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di laksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar tentang pengaruh media Power Point terhadap hasil belajar siswa pada materi Manfaat Persatuan dan Kesatuan dalam Kerukunan dapat disimpulkan bahwa. Hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan atau sesudah digunakannya media pembelajaran Power Point tergolong tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan pengukuran hasil belajar dimana rata-rata hasil belajar pada pretest sebesar 46,1 dan rata-rata nilai posttest sebesar 78,0. Berdasarkan nilai rata-rata yang diketahui didapatkan persentase kenaikan hasil belajar peserta didik yaitu 66,6%. Pengolahan data dengan perhitungan uji-t menggunakan SPSS Versi 20 diperoleh sig. (2-tailed) pada nilai pretest dan posttest lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05), dengan demikian hipotesis yang dapat digunakan adalah hipotesis alternatif atau Ha yaitu ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Power Point terhadap hasil belajar peserta didik. dengan artian penggunaan media pembelajaran Power Point pada materi manfaat persatun dan kesatuan untuk membangun kerukunan memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn Kelas V di SD Negeri 25 Sungai Pinyuh.

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
SIAHAAN, Theresia Monika et al. PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN 122345 PEMATANGSIANTAR. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 842-854, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5432>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5432.
Section
Articles