PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD SWASTA HKI 3 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar pada materi klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SD Swasta HKI 3 Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one grub pretest-postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Swasta HKI 3 Pematangsiantar dan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa, teknik sampel yang digunakan sampling jenuh dengan dua variabel penelitian yaitu : variabel bebas (x) yaitu model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan variabel terikat (y) yaitu hasil belajar. Dari hasil analisis data pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,25, dan pada postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,25. Berdasarkan dari data hasil uji -t yang diperoleh bahwa 〖t 〗_hitung > t_tabel yaitu 6,601 > 1,734, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana di peroleh R square sebesar 14,4 % hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe make a match mempunyai pengaruh sebesar 14,4% terhadap hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar.