PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA materi Manfaat Air Kelas V SD Pematangsiantar.Guru sering menghadapi kendala dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA. Oleh karena itu di perlukannya media dalam pembelajaran supaya siswa tidak hanya mendengarkan guru saja, namun terlibat langsung dengan media pembelajaran. Hasil belajar yang kurang maksimal mengakibatkan nilai siswa tidak memenuhi kriteria. Penggunaan media Audiovisual dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA Manfaat Air melalui video pembelajaran kontekstual. Media Audivisual ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman materi dan menerapkan pembelajaran dalam kehidupannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen dan penelitian one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 9 siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai signifikan untuk pengaruh variabel (x) secara simultan terhadap variabel (y) adalah sebesar 0,00<0,04 dan nilai f hitung 4,696600668 > f tabel 4.26, sehingga dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis terdapat hubungan variabel (x) secara simultan terhadap variabel (y). Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, adanya pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada IPA kelas V di SD Negeri 124394 Pematangsiantar.