PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

  • Merry Septiana Sitorus Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Indira Tonggo Sitorus Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar
  • DeaInsantri Sinaga Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar
  • Winarty Parhusip Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Hkbp Nommensen
  • Ruth Nur Sanna Hutahaean Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Hkbp Nommensen

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA materi Manfaat Air Kelas  V SD Pematangsiantar.Guru sering menghadapi kendala dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA. Oleh karena itu di perlukannya media dalam pembelajaran supaya siswa tidak hanya mendengarkan guru saja, namun terlibat langsung dengan media pembelajaran. Hasil belajar yang kurang maksimal mengakibatkan nilai siswa tidak memenuhi kriteria. Penggunaan media Audiovisual dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA Manfaat Air melalui video pembelajaran kontekstual. Media Audivisual ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman materi dan menerapkan pembelajaran dalam kehidupannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen dan penelitian one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 9 siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai signifikan untuk pengaruh variabel (x) secara simultan terhadap variabel (y) adalah sebesar 0,00<0,04 dan nilai f hitung 4,696600668 > f tabel 4.26, sehingga dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis terdapat hubungan variabel (x) secara simultan terhadap variabel (y). Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, adanya pengaruh  media audiovisual  terhadap hasil belajar siswa pada IPA kelas V di SD Negeri 124394 Pematangsiantar.

Published
Jan 30, 2025
How to Cite
SITORUS, Merry Septiana et al. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5429>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5429.
Section
Articles