PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1

  • Claudia Raissa Hutapea Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Elperida br Purba Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Febri Nainggolan Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lasta Joy Cristy Situmorang Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Tetty Melisa Siringo-ringo Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penyebab penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu pilihannya adalah dengan menggunakan metode diskusi. Metode ini dilakukan melalui diskusi kelompok kecil dimana siswa yang cerdas dan kurang cerdas dikelompokkan bersama dan siswa yang lebih pandai bertindak sebagai tutor sejawat bagi siswa yang kurang cerdas. Metode pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan seluruh subjek penelitiannya adalah siswa Kelas I SD Negeri 122351 Pematangsiantar. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa ketika menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan bentuk bangun ruang.

Published
Jan 25, 2025
How to Cite
HUTAPEA, Claudia Raissa et al. PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5411>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5411.
Section
Articles