PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS SPARCOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PECAHAN KELAS V

  • Nurul Annisyah Ayu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Elvi Mailani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indone

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah 1) Mengetahui Validitas Kelayakan Media Pembelajaran berupa Video Interaktif Berbasis Sparcol Videoscribe pada Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2022/2023. 2) Mengetahui Praktikalitas Kelayakan Media Pembelajaran berupa Video Interaktif Berbasis Sparcol Videoscribe pada Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2022/2023, dan 3) Mengetahui Keefektifan Media Pembelajaran berupa Video Interaktif Berbasis Sparcol Videoscribe pada Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation).Hasil penelitian menunjukan media pembelajaran video interaktif berbasis Sparcol Videoscribei pada materi pecahan kelas V SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2022/2023 bahwa : 1) Kelayakan media pembelajaran Interaktif berbasis Sparcol Videoscribe pada materi pecahan ahli materi memperoleh hasil 88% dengan kategori “Layak”. Selanjutnya hasil validasi ahli media memperoleh presentase 95% dengan kategori “Sangat Layak” Hal ini sesuai dengan pernyataan Hal ini sesuai dengan pernyataan Arsyad (2015,h.32) bahwa pemilihan media yang layak dapat membantu tujuan pembelajaran dan tidak diragukan kebenarannya. 2) Kepraktisan media pembelajaran video interaktif berbasis Sparcol Videoscribe pada materi pecahan oleh praktisi pendidikan (guru) kelas V SD Negeri 060873 Medan Timur memperoleh presentas 94,6% tergolong dalam kategori “Sangat Praktis” sesuai dengan perolehan hasil yang didapat dengan pernyataan Hal ini sesuai dengan pernyataan Muali (2018, h. 9-10) bahwa kriteria pemilihan media adalah harus praktis digunakan. 3) Uji keefektifan media menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media interaktif berbasis Sparcol Videoscribe. Rata-rata hasil pre-test sebesar 43, 25 sedangkan hasil post-test diperoleh sebesar 83,37 terjadi peningkatan sebesar 40,12. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Sparcol Videoscribe pada materi pecahan sangat layak, sangat praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran di kelas V SD Negeri 060873 Medan Timur T.A 2022/2023

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
AYU, Nurul Annisyah; MAILANI, Elvi. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS SPARCOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PECAHAN KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 819-841, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5399>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5399.
Section
Articles