PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Matei Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Teladan Pematangsiantar yang beralamat di jalan Singosari no.3 Kecamatan Siantar Barat pada tahun ajaran 2024/2025. Adapun populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar. Terpilihnya kelas VIII menjadi populasi dalam penelitian ini dikarenakan kurikulum merdeka yang diterapkan sekolah menjadikan materi sistem persamaan linear dua variabel diajarkan pada kelas VIII. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Teladan Pematangsiantar. Pengaruh positif diperoleh dari persamaan regresi linear sederhana Y ̂=-2,449+0,213X. Signifikan diperoleh dari hasil analisis menggunakan uji-t, dimana t_hitung>t_tabel=11,709>1,695 dan besar pengaruh positif dan signifikan dari koefisien determinasi yaitu sebesar 81,6%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.