PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KEAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabe (SPLDV) Di UPTD SMP Negeri 10 Pematangsiantar. Pada penelitian ini bentuk desain yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Peneliti hanya mengadakan treatment satu kali yang diperkirakan sudah mempunyai pengaruh. Penelitian ini akan dilaksanakan dikelas VIII UPTD SMP NEGERI 10 Pematangsiantar, Jl. Setia Negara No. 1 No. 174, Setia Negara, Kec. Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara 21139. Alasan peneliti memilih lokasi ini dikarenakan penelitian seperti ini belum pernah dilakukan disekolah ini. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dan waktu yang digunakan peneliti untuk melakukan penelitian kurang lebih 1 bulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di UPTD SMP Negeri 10 Pematangsiantar tahun ajaran 2024/2025. Pengaruh itu ditunjukkan melalui persamaan regresi Y =18,353 + 0,150 X, dengan nilai b = 0,150. Dengan melalui uji-t, yaitu thitung > ttabel (4,747 > 2,048) bahwa signifikan dan dengan menggunakan koefisien determinasi dapat dilihat besar pengaruh yaitu 44,6%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.