PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di UPTD SD NEGERI 125543 Pematangsiantar. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas tinggi yaitu kelas IV UPTD SD NEGERI 125543 Pematangsiantar yang terdiri dari 22 siswa, meliputi 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS, serta keinginan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Model Make a Match dipilih sebagai strategi untuk memperbaiki interaksi dan pemahaman siswa terhadap materi. Teknik pengumpulan data meliputi terdiri dari 15 soal isian, observasi, dokumentasi dengan analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 54,54% dan meningkat pada siklus II sebesar 90,90%. Dengan penelitian ini maka dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV dengan meningkatnya nilai yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran IPS di UPTD SD NEGERI 125543 Pematangsiantar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.