PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCAPLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media Educaplay sebagai media pembelajaran, mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan media Educaplay pada materi sistem ekskresi, dan mengetahui pengaruh penggunaan media Educaplay. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Populasi yang digunakan penelitian ini seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar terdiri 9 kelas berjumlah 280 orang dan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Hasil uji kelayakan media dari validator ahli materi 91,33% dan ahli media 89,06% dengan kategori sangat layak. (2) Hasil respon siswa diperoleh persentase keseluruhan sebesar 86,8% berkriteria sangat baik. (3) Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media Educaplay dari 49,20% menjadi 65,75%. Dapat dilihat pada uji t nilai Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Educaplay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di kelas VIII UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.