TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA MENGUASAI SENJATA API TANPA HAK ( STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI NO.899/Pid.Sus/2019/PN.Rap)

  • Fije Siregar Universitas Darma Agung
  • Mirza Keumala Universitas Darma Agung
  • Syawal Amry Siregar Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif adalah penelitian yang dilakukan berdasarkan bahan-bahan bacaan, dengan cara membaca buku-buku, literatur-literatur serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas dalam Penelitian ini. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tindak penyalahgunaan senjata api yang  terjadi yaitu telah menjadi gaya hidup selain itu untuk menimbulkan rasa aman bagi diri sendiri karena makin maraknya peredaran senjata api ilegal di  Indonesia. Banyaknya pengguna senjata api pada saat ini dapat di mulai dari sekedar gaya-gaya, sok jago, hingga aksi mengancam bahkan membunuh, peristiwa menakutkan dan mengancam ketenangan masyarakat biasa. Motif lain penyalahgunaan senjata api rakitan adalah menguasai senjata api rakitan bersifat illegal demi tujuan tertentu. Menguasai senjata api bukan berarti tidak di perbolehkan, setiap orang yang memiliki dan memakai senjata api harus memenuhi persyaratan dan mendapat izin dari lembaga berwenang. Awalnya masyarat dahulu memiliki dan menyimpan senjata api illegal adalah untuk pengamanan diri, jika sewaktu – waktu berhadapan dengan hal yang mengancam jiwanya, untuk mempertahankan diri saat terjadi kerusuhan antar etnis. Tetapi juga tidak bisa di pungkiri bahwa kepemilikan tersebut juga berlatar belakang pemuasan diri, karena merasa dirinya sanggup mengoleksi barang eksklusif dimana semua orang tidak bisa mendapatkannya.

Published
Jan 31, 2022
How to Cite
SIREGAR, Fije; KEUMALA, Mirza; SIREGAR, Syawal Amry. TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA MENGUASAI SENJATA API TANPA HAK ( STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI NO.899/Pid.Sus/2019/PN.Rap). JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 528-540, jan. 2022. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/1972>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i1.1972.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>