PERJANJIAN KREDIT ANATARA KREDITUR DENGAN DEBITUR YANG DIIIKAT DENGAN HAK TANGGUNGAN (STUDI LAPANGAN KANTOR BANK PEKREDITAN RAKYAT (BPR) TIGA JUHAR KABUPATEN DELI SERDANG )

  • Ida Lamsihar Sitompul Universitas Darma Agung

Abstract

ABSTRAK


Hak Tanggungan dalam suatu perjanjian kredit bertujuan untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi semua pihak. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana proses dalam pemberian kredit yang dilakukan debitur kredit pada BPR Kecamatan Tiga Juhar, bagaimana bentuk dan isi akta pembebanan hak tanggungan (APHT) dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan di Bank BPR Kecamatan Tiga Juhar, bagaimana penyelesaian kredit macet dalam perjanjian yang di ikat Hak Tanggungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dalam pemberian dan penyelesaian  kredit macet yang dilakukan debitur kredit pada BPR Kecamatan Tiga Juhar. Metodologi dalam penelitian ini adalah yuridis empiris.  Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari lapangan melalui wawancara dan kuisioner serta data sekunder yang berupa studi kepustakaan. Analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif yaitu data primer dan sekunder yang telah terkumpul disusun kembali untuk dianalisis secara sistematis. Hasil penelitian  : 1) pelaksanaan penyelesaian kredit macet dengan jaminan hak tanggungan dilakukan dengan cara damai dan jalur hukum, 2) Hambatan yang terjadi dalam penyelesaian kredit macet dengan jaminan Hak Tanggungan adalah dalam prakteknya belum dimanfaatkan secara optimal oleh kalangan perbankan khususnya yang mengakibatkan bank tersebut tidak dapat memanfaatkan ketentuan Pasal 6 Undang-undang Hak Tanggungan.


 

Published
Jul 31, 2021
How to Cite
LAMSIHAR SITOMPUL, Ida. PERJANJIAN KREDIT ANATARA KREDITUR DENGAN DEBITUR YANG DIIIKAT DENGAN HAK TANGGUNGAN (STUDI LAPANGAN KANTOR BANK PEKREDITAN RAKYAT (BPR) TIGA JUHAR KABUPATEN DELI SERDANG ). JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 319-329, july 2021. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/1936>. Date accessed: 05 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v3i2.1936.