PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SATUAN KERJA PROVINSI SUMATE

  • Denni Sipahutar Universitas Darma Agung, Medan
  • Anton A.P Sinaga Universitas Darma Agung, Medan
  • Jonner Lumban Gaol Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai dengan kualitas sumber daya manusia sebagai variabel moderatisasi pada Unit Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II, Provinsi Sumatera Utara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat . Adapun hasil penelitian ini, hipotesis pertama yang diajukan menyatakan bahwa variabel kemampuan kerja (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja pegawai (Y). Variabel Motivasi Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Karyawan (Y). Variabel Kemampuan Kerja (X1) , Motivasi Kerja (X2) , memiliki pengaruh yang signifikan secara bersamaan (serentak) pada variabel Kinerja Karyawan (Y). Variabel Kualitas Sumber Daya Manusia (Z) adalah variabel moderator yang mempengaruhi hubungan antara Kemampuan Kerja (X1) dan Kinerja Karyawan (Y) . Variabel Kualitas Sumber Daya Manusia (Z) bukanlah variabel moderator yang mempengaruhi hubungan antara motivasi kerja (X2) dan kinerja karyawan (Y) . Dapat dilihat bahwa nilai kuadrat R yang disesuaikan adalah 0, 489 atau 48, 9%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kemampuan Kerja (X1) , Motivasi Kerja (X2) , dapat menjelaskan variabel Kinerja Karyawan (Y) sebesar 48,9%, sisanya 51,1% (100% - 48,9%) dijelaskan oleh variabel lain. di luar model penelitian ini seperti budaya organisasi dan kompetensi.

Published
Dec 6, 2022
How to Cite
SIPAHUTAR, Denni; SINAGA, Anton A.P; GAOL, Jonner Lumban. PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SATUAN KERJA PROVINSI SUMATE. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 166 - 183, dec. 2022. ISSN 2655-8971. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/2435>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i3.2435.
Section
Articles