ANALISIS KOORDINASI PEMERINTAH DENGAN PEMERINTAH DAERAH DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM BIDANG KESEHATAN PADA BENCANA ALAM DI KABUPATEN NIAS

  • Dahlanroso Lase Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Kabupaten Nias merupakan daerah aktif gempa denganĀ  aktivitas yang sangat tinggi. Musibah bencana alam seperti tsunami dan gempa terjadi pada tanggal 26 Desember 2004, disusul oleh gempa kedua pada tanggal 28 Maret 2005 yang mengakibatkan korban jiwa dan gangguan di berbagai bidang kehidupan serta menimbulkan kerusakan yang cukup parah. Dalam menangani dampak gempa khususnya di bidang Kesehatan diperlukan koordinasi antara Pemerintahan dan pemerintah daerah serta partisipasi masyarakat. Perumusan Masalah pada penelitian ini yaitu : a) Sejauhmana Koordinasi yang dilakukan Pemerintah dengan pemerintah daerah dalam penenganan bencana khususnya bidang Kesehatan dan b) Bagaimana Bentuk Partisipasi Masyarakat Luas dalam pemulihan kembali bidang kesehatan di masa bencana alam di Kabupaten Nias. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Koordinasi pusat daerah dalam bencana alam di bidang Kesehatan baik Infrastruktur Kesehatan dan Pembiayaan masih sangat terbatas sarana dan prasarana serta pendanaan, sementara koordinasi masih belum optimal dilaksanakan. Sedangkan Partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana alam adalah dalam berbagai bentuk yaitu : dana untuk memperlancar capaian keperluan masyarakat yang membutuhkan bantuan, sumbangan dalam bentuk peralatan kerja/perkakas adalah harta benda; dan untuk pelaksanaan usaha yang dapat mendukung keberhasilan program diperlukan tenaga; dan dibutuhkan keterampilan anggota masyarakat lain yang membutuhkannya.

Published
Dec 6, 2022
How to Cite
LASE, Dahlanroso. ANALISIS KOORDINASI PEMERINTAH DENGAN PEMERINTAH DAERAH DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM BIDANG KESEHATAN PADA BENCANA ALAM DI KABUPATEN NIAS. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 127 - 147, dec. 2022. ISSN 2655-8971. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/2433>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i3.2433.
Section
Articles