PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. RAJAWALI NUSANTARA INDONESIA (PERSERO) CABANG MEDAN

  • Gunawan Silalahi Universitas Darma Agung
  • Ahmad Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Kinerja dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, meliputi faktor manajemen, kepemimpinan, kemampuan kerja, disiplin kerja,  pelatihan dan juga motivasi kerja.  Tetapi faktor yang paling utama adalah faktor kepemimpinan, faktor disiplin kerja dan faktor kemampuan kerja.  Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat pengaruh kepemimpinan, disiplin kerja, kemampuan kerja secara parsial dan juga simultan pada kinerja karyawan di PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)  Cabang Medan. Populasi penelitian ini berjumlah 170 orang karyawan. Untuk penentuan jumlah sampel digunakan rumus Slovin, diperoleh sebanyak 63 orang. Teknik pengumpulan data seperti kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t hitung, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh kepemimpinan signifikan terhadap kinerja di PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Cabang Medan.  Kepemimpinan yang semakin baik maka kinerja karyawan akan semakin baik. Pengaruh disiplin kerja signifikan terhadap kinerja di PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)  Cabang Medan.  Disiplin kerja yang semakin baik maka kinerja karyawan juga semakin baik. Pengaruh kemampuan kerja signifikan terhadap kinerja di PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)  Cabang Medan.  Semakin baik kemampuan kerja maka kinerja karyawan juga akan semakin baik. Variabel kepemimpinan, disiplin kerja, kemampuan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Disarankan pimpinan perusahaan perlu memberi kebebasan kepada karyawan untuk membuat keputusan pada bidang kerja masing-masing, serta menghindari kedekatan pribadi dengan karyawan untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Published
Aug 31, 2022
How to Cite
SILALAHI, Gunawan; PURBA, Ahmad. PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. RAJAWALI NUSANTARA INDONESIA (PERSERO) CABANG MEDAN. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 108-115, aug. 2022. ISSN 2655-8971. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/1888>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i2.1888.
Section
Articles