ANALISIS PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PEMUKIMAN KABUPATEN NIAS

  • Rozaman Gea Universitas Darma Agung

Abstract

ABSTRAK

Disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Nia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh disiplin kerja, kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai dan motivasi kerja sebagai variabel moderating. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Nias. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sampel adalah keseluruhan jumlah populasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel independent yaitu disiplin kerja, kepuasan kerja dan motivasi kerja sebagai variabel moderating, sedangkan variabel dependent yaitu kinerja pegawai di Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Nias. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Semua pernyataan valid, reliabel, dan normal. Temuan penelitian ini sebagai berikut: Secara parsial disiplin kerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.  Disiplin kerja, kepuasan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja memperlemah hubungan antara disiplin kerja dengan kinerja pegawai. Motivasi kerja memperlemah hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja pegawai. Dari hasil penelitian ini juga diketahui nilai koefisien determinasi (Adjusted R square) sebesar 0,760, artinya 76,0% kinerja pegawai di Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Nias dipengaruhi oleh disiplin kerja, kepuasan kerja. Sedangkan sisanya 24,0% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
Aug 31, 2022
How to Cite
GEA, Rozaman. ANALISIS PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PEMUKIMAN KABUPATEN NIAS. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 74-85, aug. 2022. ISSN 2655-8971. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/1852>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i2.1852.
Section
Articles