PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN NIAS

  • Juang Putra Zebua Universitas Darma Agung

Abstract

Lingkungan kerja terhadap disiplin kerja pada Dinas PUPR Kabupaten Nias. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh lingkungan kerja, dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai dengan disiplin kerja sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pegawai Dinas PUPR Kabupaten Nias yang berjumlah 28 responden dengan teknik sampel jenuh. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 20.0. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis.  Berdasarkan hasil uji penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja, variabel kepemimpinan bepengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja, variabel lingkungan kerja dan kepemimpinan secara simultan bepengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja. variabel lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, variabel kepemimpinan bepengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, variabel lingkungan kerja dan kepemimpinan secara simultan bepengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Disiplin kerja mampu memediasi antara lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Disiplin kerja mampu memediasi antara kepemimpinan terhadap kinerja pegawai.

Published
Aug 31, 2022
How to Cite
ZEBUA, Juang Putra. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN NIAS. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 57-73, aug. 2022. ISSN 2655-8971. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/1838>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i2.1838.
Section
Articles