PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURANDI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 HILIDUHO T.P 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Model Problem based learning Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Materi Pengukuran Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Hiliduho T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini bersifat quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Hiliduho T.P 2020/2021.yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi (total sampling) yang kelas X1 sebagai kelas Eksperimen yang diajar dengan menggunakan model PBL dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 12 dan 5 option (a, b, c, d, e) yang telah diuji validitas, realibilitas,tingkat kesukaran dan daya beda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 41,37 dengan standar deviasi 9,90 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42,48. Dengan standar deviasi 11,44 Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thiung = 0,4041dan ttabel = 2,002 karena thitung < ttabel (0,4041 < 2,002), maka Ha diterima dengan kata lain bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan siswa pada kelas kontrol pada materi pengukuran.Kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model PBL dan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen adalah 85,80 dengan standar deviasi 14,03 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 76,90 dengan standar deviasi 10,42. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 2.802 dan ttabel 1,671 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 58, karena thitung > ttabel (2,802 > 1,671). Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran dikelas X semester I SMA Negeri 1 Hiliduho T.P. 2020/2021.