PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMAS GKPI PADANG BULAN MEDAN T.P 2020/2021

  • Asiroha Siboro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Project Terhadap Hasil Belajar fisika Pada Materi Pokok Pengukuran Siswa Kelas X Semester 1 SMAS GKPI Padang Bulan MedanT.P 2020/2021.


Jenis penelitian ini bersifat quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMS GKPI Padang Bulan Medan T.P 2020/2021.yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi (total sampling) yang kelas X1 sebagai kelas Eksperimen yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 12 dan 5 option (a, b, c, d, e) yang telah diuji validitas, realibilitas,tingkat kesukaran dan daya beda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal.


Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 42,21dengan standar deviasi 13,30 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 40,26. Dengan standar deviasi 12,77 Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thiung = 0,573dan ttabel = 2,002 karena thitung < ttabel (0,573< 2,002), maka Ha  diterima dengan kata lain bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan siswa pada kelas  kontrol pada materi pengukuran.Kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model Pembelajaran inkuiri berbantuan project  dan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 86,66 dengan standar deviasi 10,86 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 80,27 dengan standar deviasi11,04. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,276 dan ttabel 1,67 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 58, karena thitung > ttabel  (2,276> 1,67). Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Pembelajaran Inkuiri berbantuan Project terhadap hasil belajar Fisika pada materi pokok pengukuran dikelas X semester I SMAS GKPI Padang Bulan Medan T.P. 2020/2021.

Published
May 24, 2021
How to Cite
SIBORO, Asiroha. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMAS GKPI PADANG BULAN MEDAN T.P 2020/2021. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 10-16, may 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/977>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles