PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 2 LAHUSA T.P 2020/2021

  • Alim Peranginangin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Audio-Visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok pengukuran kelas X Semester I SMA Negeri 2 Lahusa T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 2 Lahusa yang terdiri dari 2 kelas. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 orang yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Audio-Visual dan  kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 orang yang diajar dengan model pembelajaran Langsung. Instrumen dalam penelitian ini berjumlah 9 butir soal berbentuk essay yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,22 dengan standard deviasi 3,90 dan pretes kelas kontrol adalah 38,49 dengan standard deviasi 4,04. Untuk uji t dua pihak nilai pretes kedua kelas diperoleh  = 0,24 dan  = 2,01. Karena < maka hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan skperlakuan yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen diberikan model pembelajaran kooperatif berbantuan media audio-visual  dan pada kelas kontrol diberikan model pembelajaran langsung, diakhir pembelajaran dilakukan postes. Hasil postes, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,96 dengan standard deviasi 6,54 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,19 dengan standard deviasi 7,05. Berdasarkan hasil uji statistik (uji t satu pihak), diperoleh nilai untuk  = 4,606 dan  = 1,676. Karena >, maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media audio-visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok pengukuran kelas X semester I SMA Negeri 2 Lahusa  T.P 2020/2021.

Published
May 24, 2021
How to Cite
PERANGINANGIN, Alim. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 2 LAHUSA T.P 2020/2021. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-9, may 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/976>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles