KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN DIRECT INSTRUCTION

  • IKA TRISNI SIMANGUNSONG Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan direct instruction.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian, dua kelas diambil  dengan cara cluster random sampling sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think pair share dan dengan menggunakan pembelajaran direct instruction. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan essay test sebanyak 12 soal. Dari pengujian menggunakan SPSS 22  menunjukan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan  kemampuan pemecahan masalah fisika yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan direct instruction.

Published
Nov 15, 2018
How to Cite
SIMANGUNSONG, IKA TRISNI. KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN DIRECT INSTRUCTION. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-6, nov. 2018. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/62>. Date accessed: 21 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)