PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Pencapaian hasil nilai belajar siswa serta membangun karakter adalah merupakan tanggung jawab tenaga pendidik. Membangun motivasi belajar siswa merupakan hal utama dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar untuk ketercapaian target belajar. Mengaitkan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman melalui metode inovasi budaya mengajar merupakan tuntutan utama bagi guru untuk pencapaian hasil yang maksimal. Dengan demikian guru harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan inovasi metode pembelajaran sesuai dengan sifat materi yang disuguhkan kepada siswa. Beralih dari model pembelajaran konvensional disamping menumbuhkan semangat motivasi belajar siswa, juga meningkatkan kualitas tenaga pendidik di bidang profesionalitasnya. Beberapa upaya yang menjadi tantang guru dalam inovasi metode pembelajaran ini seperti 1. Membuat desain modul ajar terencana yang dipahami dan dikuasai guru(UbD). 2. Penggunaan media teknologi dalam menunjang kegiatan seperti infokus. 3. Penyesuaian media yang digunakan sesuai dengan sifat materi pelajaran seperti PPT Canva, LKPD yang menarik. 4. Desain asesmen yang terorganisir dengan observasi, peilaian formatif dan sumatif. 5. Melakukan refleksi diri pada setiap kegiatan akhir topik pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan, seorang guru harus dinamis dan tanggap pada perubahan sosial guna memenuhi kebutuhan siswa dalam membangun sikap sosial, spiritual, pengetahuan dan keterampilan