PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK SWASTA GAJAH MADA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar fisika pada materi pengukuran siswa kelas x SMK Swasta Gajah Mada Medan t.p 2022/2023. Jenis penelitian menggunakan model quasi eksperimen dengan desain pretes-postes control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Gajah Mada Medan yang terdiri dari 2 sampel total, yaitu kelas sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, kelas sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran langsung.Isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa dengan jumlah soal 15 yang sudah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen
adalah 45,78 dan kelas kontrol adalah 44,89. Untuk uji kemampuan awal diperoleh =0,45 dan =2,002. Karena , maka hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama Kemudian diberi perlakuan yang berbeda di akhir yaitu postes, dan diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen adalah 81,11sedangkan untuk kelas kontrol adalah 75,78. Berdasarkan hasil statistik (uji t satu pihak ), di peroleh harga untuk =2,77 dan =1,671 dengan (n)=30 pada taraf signifikan =0,05 dengan dk = 60. Karena yaitu (2,77 1,671), maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Kinemaster Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada MateriPengukuran Siswa Kelas X SMK Swasta Gajah Mada Medan T.P 2022/2023.