PERANAN CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI LINGKUNGAN KECAMATAN PARMONANGAN KABUPATEN TAPANULI UTARA
Abstract
Pelayanan PublikĀ merupakan wujud dari pelaksanaan dari fungsi Aparatur Negara sebagai abadi masyarakat. Pelayanan Publik dimaksud untuk mensejahterahkan masayarakat atau warga Negara.Pelayanan publik yang berfprofesional, itu artinya pelayanan publik yang bercirikan oleh adanya akuntabilitas da responsibilitas dari pemberi pelayanan.Penelitian ini ditujukan agar dapat menggambarkan fenomena dari pelaksanaan pelayanan publik khususnya administrasi kependudukan yang dilaksanakan di Kantor KecamatanParmonangan TapanuliUtara.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan yang dikumpulkan adalah data dari primer dan sekunder.Data primer berupa wawancara dan observasi sedangkan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan melalui buku-buku, peraturan perundangan-undangan,berkas-berkas yang berhubungan dengan permasalahan.Sedangkan objek penelitian ini adalah kegiatan di Kantor Kecamatan Parmonangan Taput.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fenomena dari pelaksanaan pelayanan publik di Kecamatan Parmonangan, Kabupaen Tapanuli Utara telah berupaya memberikan pelayanan yang maksimal dan sesuai maklumat atau peraturan yang berlaku.Sedangkan hambatan yang terjadi dalam meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas adalahkurangnya fasilitas atau sarana prasana penunjang pelayanan publik tersebut serta sumber daya manusia.