STRATEGI KEPEMIMPINAN CAMAT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SORKAM BARAT KABUPATEN TAPANULI TENGAH

  • Natalia Marbun Universitas Darma Agung
  • Prietsaweny Simamora Universitas Darma Agung
  • Imran Irvan Milala Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan Camat dalam meningkatkan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambatnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan Camat berperan dalam meningkatkan pelayanan publik, sebagai kepala pemerintahan kecamatan telah mendedikasikan waktunya untuk berbagai upaya. Melayani masyarakat dalam berbagai situasi yang relevan dengan konteks membuat keputusan yang tepat mengenai pelayanan publik dengan cepat, memotivasi pegawai untuk bekerja lebih efektif dan efisien, berkomunikasi secara efektif dengan pegawai dan masyarakat, mengelola dan memimpin.  Namun ada beberapa faktor penghambatnya, : kurangnya sumber daya manusia (SDM), kelengkapan prasarana kerja yang belum lengkap, termasuk kursi yang tidak memadai, komputer dan printer yang tidak memadai yang belum dimiliki oleh Kantor Camat Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah .

Published
Dec 23, 2024
How to Cite
MARBUN, Natalia; SIMAMORA, Prietsaweny; MILALA, Imran Irvan. STRATEGI KEPEMIMPINAN CAMAT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN SORKAM BARAT KABUPATEN TAPANULI TENGAH. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 87 – 98, dec. 2024. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/4981>. Date accessed: 27 dec. 2024.
Section
Articles