STRATEGI PEMERINTAH KECAMATAN DALAM PEMANFAATAN DANA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN MEDAN BARU

  • Rosmawati Telaumbanua Universitas Darma Agung
  • Doli Tua Mulia Raja Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Santa Ida Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Kecamatan Medan Baru merupakan salah satu bagia Kecamatan yang berada di Kota Medan, dan provinsinya adalah Sumatra Utara, Indonesia. Memanfaatkan dana usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah cara pemerintah atau strategi yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarkat. Dana UMKM ini merupakan salah satu tindakan atau program suatu lembaga pemerintah tujuannya adalah untuk membatu pelaku usaha kecil dan juga pelaku usaha menengah dalam meningkatkan kinerja usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tindakan pemerintah kecamatan Medan Baru dalam memanfaatkan dana UMKM dalam meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarkat Kecamatan Medan Baru dan bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam strategi pemerintahan Kecamatan Medan Baru dalam pemanfaatan dana UMKM dalam meningkatkan kemakmuran atau kesejahteraan masyarkat Kecamatan Medaan Baru. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pendekatan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat mendeskriptifkan data. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini berdasarkan wawancara, dokumentasi serta observasi. Cara analisi data peneliti harus melakukan reduksi data serta penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan PP No. 7/2021 terkait cara memudahkan, perlindungan, pemberdayaan koperasi serta Usaha mikro, kecil atau menengah (UMKM). Strategi Pemerintah Kecamatan adalah memngsusulkan pelaku dan pengguna UMKM terkhusus bagi ekonominya lemah, supaya dapat bantuan yang merupakan modal untuk pengusaha. Pemerintah Kecamatan Medan Baru harus melakukan pendataan kepada setiap usaha yang bisa dikategorikan layak dapat bantuan modal usaha. pelaksanaan sosialisasi dalam menyampaikan hal-hal yang memiliki manfaat bagi masyarakat, bentuk sosialisasi ini yaitu pembinaan atau kegiatan yang bertujuan untuk para pelaku UMKM agar mampu menciptakan inovasi. Program ini merupakan cara untuk meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM. Sebagai bentuk perubahan untuk kesejahteraan masyarakat agar mampu bertahan di tengah kesulitan ekonomi di masa pandemi ini.

Published
Apr 29, 2024
How to Cite
TELAUMBANUA, Rosmawati; PANJAITAN, Doli Tua Mulia Raja; PURBA, Santa Ida. STRATEGI PEMERINTAH KECAMATAN DALAM PEMANFAATAN DANA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN MEDAN BARU. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 34 - 45, apr. 2024. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/4343>. Date accessed: 18 june 2024.
Section
Articles