STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI DESA HILITOTAO KECAMATAN ARAMO KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Metodius P Laia Universitas Darma Agung
  • Rehmuli Karo Karo Universitas Darma Agung
  • Parlindungan Marpaung Universitas Darma Agung
  • Endri Kurniawan Laowo Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami strategi yang diterapkan oleh pemerintah dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Hilitotao, Kecamatan Aramo, Kabupaten Nias Selatan.Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana upaya pemerintah desa Hilitatao untuk mengatasi hambatan – hambatan pemerintahan desa dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Hilitotao Kecamatan Aramo Kabupaten Nias Selatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan situasi dan strategi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dalam membangun infrastruktur jalan desa hilitatao, dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui survei, wawancara, dan kajian dokumen terkait. Responden dalam penelitian ini meliputi pejabat pemerintahan setempat, masyarakat desa, dan pihak terkait lainnya yang terlibat dalam proses pembangunan infrastruktur jalan di Desa Hilitotao.Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai strategi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Hilitotao. Strategi tersebut meliputi alokasi anggaran, evaluasi kebutuhan infrastruktur, perizinan dan persiapan hukum, pengadaan tenaga kerja, pelaksanaan kontruksi dan pengawasan, keterlibatan masyarakata, serta monitoring dan evaluasi perencanaan pembangunan infrastruktur, juga mengidentifikasi tantangan dan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pembangunan yakni curah hujan yang tinggi dan bahan bangunan yang jauh darin lokasi pembangunan.Berdasarkan fakta di lapangan, peneliti menemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh pemerintah desa Hilitatao tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.Contohnya, pemerintah desa tidak melibatkan masyarakat dalam menentukan lokasi anggaran pembangunan desa, dan juga kurang sigap dalam mengatasi hambatan yang muncul selama pembangunan infrastruktur jalan desa.

Published
Apr 29, 2024
How to Cite
LAIA, Metodius P et al. STRATEGI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI DESA HILITOTAO KECAMATAN ARAMO KABUPATEN NIAS SELATAN. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 16 - 25, apr. 2024. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/4341>. Date accessed: 18 june 2024.
Section
Articles