IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PROFESIONAL PADA KANTOR CAMAT NAMO RAMBE KABUPATEN DELI SERDANG

  • Cherysbyuthin Lestina Hutapea Universitas Darma Agung
  • Saurlin Pandapotan Siagian Universitas Darma Agung
  • Marina Br Pinem Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Camat Namo Rambe, Kabupaten Deli Serdang dan juga untuk mengetahui hambatan dalam mengimplementasikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) untuk mendukung keberhasilan pihak kecamatan untuk melaksanakan pelayanan publiknya menjadi lebih efektif, efisien, dan bisa dipertanggungjawabkan di Kantor Camat Namo Rambe, Kabupaten Deli Serdang. Metode Penelitian menggunakan jenis dan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan Kecamatan Namo Rambe sudah melaksanakan Program PATEN dengan baik, hal ini dapat dilihat dari Indikator yang digunakan untuk mengukur pelaksanaan atau Implementasi pelayanan publik yang diberikan kecamatan kepada masyarakat pengguna jasa PATEN yang antara lain diukur dari 5 dimensi, yaitu: “Tangibel (berwujud), Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati)”. Indikator lainnya yakni sedikitnya keluhan masyarakat maupun petugas yang  melaksanakan program juga dapat dilihat sebagai salah satu indikator baiknya pelaksanaan program. Selain itu masyarakat dan pihak kecamatan juga mengakui bahwa pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)  membantu memudahkan masyarakat dan petugas dalam mengurus dan memberikan pelayanan di Kecamatan Namo Rambe. Sedangkan Hambatan yang dialami Kecamatan Namo Rambe dalam mengimplementasikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam mendukung keberhasilan pihak kecamatan adalah hambatan bidang teknis dan kekurangan sumber daya yang bertugas di program PATEN, sehingga sering menimbulkan antrian panjang dan munculnya kekecewaan masyarakat terkait masalah yang sering dialami petugas di lapangan seperti aplikasi yang sering tidak loading atau lelet sehingga menghambat petugas dalam menyelesaikan proses pembuatan dan penyelesaian dokumen.

Published
Apr 29, 2024
How to Cite
HUTAPEA, Cherysbyuthin Lestina; SIAGIAN, Saurlin Pandapotan; BR PINEM, Marina. IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PROFESIONAL PADA KANTOR CAMAT NAMO RAMBE KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 9 - 15, apr. 2024. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/4340>. Date accessed: 18 june 2024.
Section
Articles