IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DESA (Studi di desa Sukatepu Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo)

  • Juander Sebayang Universitas Darma Agung, Medan
  • Efaluasi Halawa Universitas Darma Agung, Medan
  • Prietsaweny RT Simamora Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Implementasi Pelayanan Publik dalam Meningkatkan Pembangunan di Desa Sukatepu Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo. Serta Untuk Mengetahui Faktor Penghambat Implementasi pelayanan publik dalam peningkatkan pembanguna desa Sukatepu Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah instrumen kunci pengumpulan data dari penelitian ini tidak dipandu oleh teori tetapi dipandu oleh fakta-fakta yang ditemukan. Dari hasil penelitian diperoleh Implementasi Pelayanan Publik dalam Meningkatkan Pembangunan di Desa Sukatepu Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo belum berjalan dengan baik dikarenakan Kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah Desa Sukatepu Kecamatan Naman Teran dalam pelayanan surat Keterangan, surat ahli waris, dokumen surat pengantar pencetakan KTP dan kartu keluarga masih belum maksimal dalam hal ketepatan waktu, tingkat kesalahan pencetakan dokumen masih sering terjadi. Dengan begitu kualitas pelayanan publik di kantor Desa Sukatepu masih belum begitu memuaskan. Faktor Penghambat Implementasi pelayanan publik dalam peningkatkan pembanguna desa Sukatepu Kecamatan Naman Teran dalam hal keberhasilan pelaksanaan tugas tersebut adalah kualitas dan kuantitas SDM pegawai pemberi layanan, kerjasama antar pegawai dalam memberikan pelayanan, sikap pegawai dalam memberikan pelayanan.

Published
Apr 30, 2023
How to Cite
SEBAYANG, Juander; HALAWA, Efaluasi; RT SIMAMORA, Prietsaweny. IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DESA (Studi di desa Sukatepu Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo). JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 42 - 47, apr. 2023. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/3186>. Date accessed: 22 apr. 2024.
Section
Articles