GAYA KEPEMIMPINAN DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KARO DALAM MENINGKATKAN KINERJA ASN DI BIDANG PELAYANAN PUBLIK

  • Arifin Sihombing Universitas Darma Agung, Medan
  • Beni Ginting Universitas Darma Agung, Medan
  • Nusantara Ginting Universitas Darma Agung, Medan
  • Mardona Barus Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Gaya kepemimpinan yang efektif, yang mempunyai kemampuan mempengaruhi perilaku bawahannya agar sesuai dengan budaya kerja organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Ketika pemimpin mampu menunjukkan kepemimpinan yang bisa diteladani, para bawahan mereka akan berkesempatan untuk mempelajari perilaku yang tepat untuk berhadapan dengan tugas sehari hari yang diemban sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi mereka Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan yang


 


dilaksanakan dalam peningkatan kinerja ASN di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Karo. Penelitian juga bertujuan mengetahui hambatan-hambatan yang dialami Kantor Dinas Perhubungan dalam meningkatkan Kinerja ASN dalam meningkatkan peningkatan pelayanan publiknya. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan sifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data lakukan melalui observasi, dokumen, dan juga melalui wawancara mendalam dengan informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gaya Kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Dinas tipe Demokratis dalam pengambilan keputusan, memotivasi karyawan dengan melihat kemampuan, terbuka, aktif dalam melaksanakan komunikasi ke jajarannya, menerapkan kendali ke bawahan dengan persuasif meskipun tetap ada pengawasan, dan memikul atau bertanggungjawab sebagai pimpinan yang merasakan kinerja Dinas dalam meningkatkan pelayanan publik merupakan tanggung jawab utamanya. Dinas Perhubungan masih mengalami hambatan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di bidang adminsitrasi, utilitas, dan bidang kemasyarakatan. Jabatan Kepala Dinas yang belum defenitif mengurangi otoritas untuk melaksanakan kebijakan atau program kerja yang maksimal, SDM yang masih belum semua mengikuti budaya kerja yang baru diterapkan, serta penempatan struktur organisasi yang belum diterapkan dalam mendukung pogram kerja terkini, prasarana kerja yang belum memadai dalam mendukung peningkatan pelayanan publik Dinas Perhubungan Karo kepada masyarakat di Kabupaten Karo.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
SIHOMBING, Arifin et al. GAYA KEPEMIMPINAN DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KARO DALAM MENINGKATKAN KINERJA ASN DI BIDANG PELAYANAN PUBLIK. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 12 - 25, oct. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/2410>. Date accessed: 16 june 2024.
Section
Articles