PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PEMERINTAH DESA DALAM PENGUATAN BUMDes SADANIOGA DI DESA BERTAH KECAMATAN TIGAPANAH KABUPATEN KARO

  • Piki Darma Kristian Pardede Universitas Darma Agung, Medan
  • Feliks Buulolo Universitas Darma Agung, Medan
  • Arinus Zai Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan Penerapan Prinsip Good Governance Pemerintah Desa Dalam Penguatan BUMDes Sadanioga Di Desa Bertah Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo. Adapun tempat penelitian ini berada di BUMDes Sadanioga. Sedangkan jenis pnelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara dan dokumentasi lapangan. Jumlah informan di dalam penelitian ini yaitu 9 (sembilan) orang yang akan di wawancarai. Hasil dalam penelitian ini yaitu Penerapan Prinsip Penguatan BUMDes Sadanioga menggunaan Penerapan berupa Prinsip Penguatan yaitu Penerapan Prinsip Penguatan Partisipasi, Penerapan Prinsip Penguatan Hukum, Penerapan Prinsip Penguatan Transparansi, Penerapan Prinsip Penguatan daya tanggap, Penerapan Prinsip Penguatan beriorentasi perjanjian, Penerapan Prinsip Penguatan keadilan, Penerapan Prinsip Penguatan efektifitas dan efesiensi, Penerapan Prinsip Penguatan akuntabilitas, dan Penerapan Prinsip Penguatan visi strategi.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
PARDEDE, Piki Darma Kristian; BUULOLO, Feliks; ZAI, Arinus. PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PEMERINTAH DESA DALAM PENGUATAN BUMDes SADANIOGA DI DESA BERTAH KECAMATAN TIGAPANAH KABUPATEN KARO. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 26 - 40, oct. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/2409>. Date accessed: 21 july 2024.
Section
Articles