EFEKTIVITAS KINERJA PEMERINTAHAN KELURAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI KELURAHAN MADRAS HULU KECAMATAN POLONIA

  • Lestari Siburian Universitas Darma Agung, Medan
  • Priet sawenny Simamora Universitas Darma Agung, Medan
  • Sanaha Laia Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas kinerja pemerintahan Kelurahan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia, serta untuk mengetahui Faktor-faktor penghambat di dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu suatu metode yang digunakan dalam penelitian untuk mempelajari atau bobot suatu benda ataupun dari suatu keadaan sosial yang sulit diukur angka. Dari hasil penelitian diperoleh Efektivitas Kinerja Pemerintahan Kelurahan Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Di Kelurahan Madras Hulu belum begitu efektif dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum diberdayakan. Dilain pihak efektivitas kinerja pemerintahan kelurahan yang ada ini belum cukup efektif dikarenakan masih ada beberapa kendala, sehingga pemberdayaan masyarakat belum terlaksana secara efektif. Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam Efektivitas Kinerja Pemerintahan Kelurahan Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Di Kelurahan Madras Hulu adalah Keterbatasan Anggaran yang menjadi penghambat, yakni anggaran dari Kelurahan maupun anggaran dari pemerintah pusat. Kemudian yang menjadi kendala dalam pemberdayaan masyarakat yakni pola pikir masyarakat masih adanya pola pikir masyarakat yang statis dengan mengatakan segala kegiatan yang direncanakan Pemerintah Kelurahan tidak ada hubungannya dengan pola hidupnya, makanya segala kegiatan yang direncanakan pemerintah mereka tidak ikut berpartisipasi.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
SIBURIAN, Lestari; SIMAMORA, Priet sawenny; LAIA, Sanaha. EFEKTIVITAS KINERJA PEMERINTAHAN KELURAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI KELURAHAN MADRAS HULU KECAMATAN POLONIA. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 110 - 121, oct. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/2347>. Date accessed: 16 june 2024.
Section
Articles