ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN POLONIA KECAMATAN MEDAN POLONIA

  • Pin Pin Universitas Darma Agung
  • Yosrudi Halawa Universitas Darma Agung
  • Temawanolo Hulu Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan publik pembuatan Kartu Tanda Penduduk yang diberikan oleh pegawai ASN Kelurahan Polonia Kecamatan Medan Polonia yang diukur melalui beberapa indikator kualitas pelayanan, yaitu: jaminan, bukti langsung, empati, daya tanggap, kehandalan, dan komunikasi. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui faktor kendala dari kualitas pelayanan yang dapat dilihat dari sarana dan prasarana, prosedur pelayanan, dan kemampuan pegawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara.Hasil penelitian yang didapatkan di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan publik tak hanya dapat dilihat dari segi kesederhanaan pelayanan tetapi lebih kepada penempatan posisi para pelaksana pelayanan serta memahami tugas dan kewajiban sebagai pemberi pelayanan di Kantor Lurah Polonia.Kesimpulan..dari..penelitian ini menunjukkan bahwa kendala atau permasalahan yang dihadapi dalam proses pelayanan harus disesuaikan dengan prosedur. Pelaksanaan pelayanan publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk, maka birokrat di tingkat kelurahan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
PIN, Pin; HALAWA, Yosrudi; HULU, Temawanolo. ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN POLONIA KECAMATAN MEDAN POLONIA. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 76-82, apr. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1524>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles