EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN SOSIAL DI MASA PANDEMIK COVID-19, DI KECAMATAN DOLAT RAYAT, KABUPATEN KARO

  • Rasmita Ginting Universitas Darma Agung
  • Madin Silalahi Universitas Darma Agung
  • Otolius Waruwu Universitas Darma Agung

Abstract

Pandemik Corona Virus Disease 2019, atau yang  dapat diartikan sebagai penyakit yang menyerang saluran pernapasan manusia.atau lebih dikenal dengan sebutan  COVID-19, menimbulkan krisis ekonomi berat di masyarakat. Sebagai negara yang melindungi rakyatnya seperti yang diamanatkan di dalam undang-undang, pemerintah hadir dan berusaha mengatasi kesenjangan ekonomi yang terjadi diakibatkan hadirnya Pandemik COVID-19 ini.Untuk itu pemerintah melalui Kementerian Sosial membuat suatu kebijakan dengan pemberian bantuan sosial (bansos) bagi penduduk Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Bantuan Sosial Pemerintah terhadap masyarakat terdampak Covid-19 di Kecamatan DolatRayar Kabupaten Karo, selain itu penelitian juga bertujuan  untuk mengetahui Efektifitas Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial, serta untuk mengetahui Faktor-Faktor Penghambat  Efektifitas Penyaluran Bantuan Program BLT dan Bantuan Sembako kepada masyarakat yang terdampakPandemik  Covid-19 di Kecamatan DolatRayar Kabupaten Karo.


      Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, di mana untuk mendapatkan informasi dilakukan melalui observasi, dokumentasi,  dan wawancara mendalam dengan informan yang terdiri dari perangkat desa, dan juga masyarakat penerima bantuan.  Hasil  penelitian ini menunjukkan pelaksanaan bantuan sosial di Kecamatan Dolar Rayat termasuk sudah efektif, karena tidak ditemukannya bantuan sosial yang tumpang tindih, demikian juga dengan kulitas dan kuantitas barang yang baik, serta adanya pengawasan dan evaluasi yang dilakukan agar tujuan program dapat sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Hambatan pelaksanaan penyaluran bantuan sosial Covid-19 ini, ada di bidang  ketidaktepatan sasaran yang disebabkan ketidaklengkapan data-data kependudukan masyarakat, dan berubahnya jadwal pembagian bantuan sosial ke desa yang sering menimbulkan pertanyaan warga.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
GINTING, Rasmita; SILALAHI, Madin; WARUWU, Otolius. EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN SOSIAL DI MASA PANDEMIK COVID-19, DI KECAMATAN DOLAT RAYAT, KABUPATEN KARO. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 46-54, apr. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1521>. Date accessed: 02 mar. 2024.
Section
Articles